Cara menonaktifkan fitur “Fast User Switching” di Windows 10

By | Juli 13, 2019

Di Windows 10, “Fast User Switching” adalah fitur yang berguna, dan tujuan utamanya adalah menawarkan cara untuk dengan cepat beralih dari satu akun ke akun lainnya sambil mempertahankan login pengguna sebelumnya.

Meskipun ini adalah pilihan yang nyaman untuk digunakan pada komputer bersama, “Fast User Switching” memiliki beberapa peringatan. Misalnya, saat pengguna masuk, Anda tidak dapat mematikan perangkat, karena mereka dapat kehilangan pekerjaan yang belum disimpan.

Selain itu, akun pengguna yang masuk masih menggunakan sumber daya sistem (prosesor, memori, dan disk), dan – tergantung pada perangkat keras komputer – meluncurkan aplikasi dan layanan sambil menjalankan banyak akun sekaligus dapat memperlambat pengalaman pengguna.

Cara menonaktifkan fitur “Fast User Switching” di Windows 10

Jika Anda menemukan bahwa pergantian pengguna yang cepat bukanlah fungsi yang ingin Anda gunakan saat berbagi komputer,  Windows 10 memungkinkan Anda untuk menonaktifkan fitur ini menggunakan editor kebijakan grup dan registri. .

Dalam  tutorial Windows 10 ini,  kami akan menjelaskan cara menonaktifkan Fast User Switching.

Cara menonaktifkan pengalihan cepat dalam kebijakan grup

Di Windows 10 Pro atau Enterprise, cara termudah untuk menonaktifkan pergantian pengguna yang cepat adalah menggunakan editor kebijakan grup lokal.

Untuk menonaktifkan perpindahan pengguna cepat menggunakan kebijakan grup, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Gunakan kombinasi tombol  Win + R untuk membuka jendela Jalankan perintah.
  2. Masukkan gpedit.msc  dan klik  OK untuk membuka editor kebijakan grup lokal.
  3. Temukan jalur berikut:Konfigurasi Komputer → Template Administratif → Sistem → Login
  4. Di sebelah kanan, klik dua kali Sembunyikan Entri Poin untuk dengan cepat beralih pengguna .
  5. Pilih opsi Diaktifkan .
  6. Klik  Terapkan  dan OK .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda harus me-restart komputer . Di masa depan, menu profil pengguna saat startup tidak akan lagi menampilkan kemampuan untuk menggunakan pergantian pengguna yang cepat. Pengguna juga akan dipaksa untuk menyimpan pekerjaan mereka dan keluar untuk mengizinkan orang lain untuk masuk.

Anda selalu dapat membatalkan perubahan dengan mengikuti instruksi di atas, tetapi pada langkah 5  pilih opsi Tidak disetel .

Cara menonaktifkan pergantian cepat menggunakan registri

Jika Anda menggunakan Windows 10 Home, Anda tidak akan memiliki akses ke editor kebijakan grup lokal, tetapi Anda masih dapat menonaktifkan fitur perpindahan pengguna cepat dengan mengubah registri.

Untuk menonaktifkan perpindahan pengguna cepat menggunakan registri, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Gunakan kombinasi tombol  Win + R untuk membuka jendela Jalankan perintah.
  2. Ketik regedit  dan klik  OK untuk membuka registri.
  3. Temukan jalur berikut:HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies \ SystemDewan . Dimulai dengan pembaruan Windows 10 Creators, Anda dapat menyalin dan menempel jalur ke bilah alamat registri untuk menavigasi ke suatu tempat dengan cepat tanpa melihat setiap tombol.
  4. Klik kanan di sisi kanan bagian Sistem , pilih Baru → Nilai DWORD (32 bit) .
  5. Beri nama tombol  HideFastSwitching  dan tekan  Enter .
  6. Klik dua kali DWORD yang baru dibuat dan ubah nilainya dari 0  menjadi 1 .
  7. Klik  OK .

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda perlu me-reboot perangkat. Setelah itu, saat Anda masuk ke menu profil pengguna, Anda tidak akan lagi dapat menggunakan pergantian pengguna yang cepat. Pengguna juga akan dipaksa untuk menyimpan pekerjaan mereka dan keluar sebelum orang lain bisa masuk.

Jika Anda perlu mengaktifkan kembali fitur ini, Anda dapat menggunakan instruksi yang sama, tetapi pada langkah  6,  klik dua kali  HideFastSwitching dan ubah nilainya dari  1 menjadi  0 . Selain itu, Anda cukup mengklik kanan  HideFastSwitching  dan memilih “Hapus” untuk menghapus item.

Perlu dicatat bahwa dengan instruksi ini Anda benar-benar menghapus hanya opsi untuk beralih ke akun pengguna di menu Start, pada layar login dan di task manager, tetapi fitur ini masih akan tersedia di Windows 10. Namun, pengguna tidak akan memiliki akses ke sana, dan akan dipaksa untuk menyimpan pekerjaan mereka dan meninggalkan akun sebelum orang lain dapat masuk.

Dalam tutorial ini, kami fokus pada Windows 10, tetapi pergantian pengguna yang cepat sudah ada sejak lama, dan Anda dapat menggunakan instruksi yang sama pada komputer yang menjalankan Windows 8.1 dan Windows 7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *