6 Mitos tentang Dark Web

By | Juli 22, 2019

Apa yang Anda ketahui tentang Dark Web ? Jika Anda belum pernah ke dark web, maka mungkin sedikit. Anda tahu apa yang Anda baca di Internet, apa yang Anda dengar di berita dan ” kronik hitam ” di mana Anda sering dapat membaca bagaimana seseorang menjual narkoba melalui itu. Tapi apa pun kebenarannya, ada kebohongan.

Artinya, dark web adalah teknologi yang banyak tidak mengerti, tidak memahami konsep dark web dan kebohongan yang tersebar luas. Terkadang secara kebetulan, terkadang dengan sengaja. Jadi dalam teks ini kita akan membahas beberapa mitos tentang dark web dan melihat apakah mereka benar, atau jika tidak, mengapa mereka tidak benar. Jadi mari kita lanjutkan.

1) “Hanya orang jahat yang menggunakan dark web

Salah satu mitos adalah bahwa dark web hanya digunakan oleh orang-orang yang mencari konten ilegal dan seringkali sangat mengganggu. Tapi itu jauh dari kebenaran. Ya, ada yang mencari konten “aneh” di dark web, ada juga penjahat yang menjual data curian, narkoba, dan sejenisnya. Tapi itu hanya sebagian dari masyarakat. The Dark Web juga menggunakan berbagai aktivis yang berjuang untuk kebebasan berbicara, orang-orang yang hidup dalam kediktatoran, pembangkang politik dan banyak lainnya.

Bahkan Edward Snowden sering berkomunikasi dengan jurnalis melalui jaringan gelap. Profil orang yang sama menggunakan internet “Clearnet” atau “normal”. Dan ini digunakan oleh para penjahat, tetapi juga oleh 99 persen orang yang tidak termasuk dalam kelompok itu. Jadi Anda tidak harus mengutuk mereka yang, karena penasaran atau karena alasan lain, mengunjungi dark web.

2) “Semua kejahatan dunia maya terjadi di dark web

Semua kejahatan di dunia maya terjadi di dark web, bukan? Sekali lagi salah. 
Kebanyakan kejahatan di dunia cyber terjadi di internet “clearnet” atau “biasa”. Ini adalah informasi resmi dari Interpol dan agen serta kepolisian lainnya di seluruh dunia. Ya, dark web cocok untuk penjahat karena ada forum peretasan “bawah tanah”, pasar darknet di mana Anda dapat membeli apa pun yang Anda inginkan dan sejenisnya. Tapi, sebagian besar kejahatan dunia maya terus berada di luar kegelapan web.

3) “Dark Web is Massive”

Gambar yang Anda lihat adalah gambar umum yang menggambarkan ukuran Internet, tetapi tidak akurat. Pertama, masalahnya adalah besaran relatif karena rasio dark web dan clearnet tidak baik, karena bukan rasio yang baik dari web dalam dengan clearnet dan dark web, dan bahwa itu tidak berfungsi sesuai dengan prinsip tingkat tersebut.

Hanya gambar yang dilambangkan dengan baik adalah kenyataan bahwa ada Clearnet, web yang dalam dan web yang gelap. 
Internet Biasa atau Clearnet, berisi miliaran situs web. Hanya itu yang dapat Anda lihat dan temukan di Internet menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing.

Bagian kedua dari Internet adalah Deep Web. Ini adalah bagian dari Internet yang tidak dapat Anda temukan melalui mesin pencari dan bagian dari Internet yang tidak tersedia untuk semua orang. Ini termasuk database akademik, portal perbankan, database perbankan, akun webmail, dan data lain yang tersembunyi di balik berbagai perlindungan. Hanya orang yang berwenang yang dapat mengaksesnya.

Dark web memang sangat kecil. Menurut beberapa perkiraan dia memiliki antara 250.000 dan 400.000 situs web. Di Jaringan Tor, puluhan ribu situs ini berisi ransomware dan malware dan melayani secara eksklusif untuk penyebaran kode jahat.

4) Dark Web hanya untuk Profesional IT

Seringkali kita dapat melihat pertanyaan online di mana orang-orang bertanya bagaimana mengakses dark web. Entah bagaimana dark web ini memiliki persepsi bahwa sulit untuk mengaksesnya, apakah itu hanya “dipilih” atau ditantang secara teknis, dan sejenisnya.

Tapi itu jauh dari kebenaran. Yang Anda butuhkan sebenarnya adalah browser web Tor dan alamat yang ingin Anda sambungkan. Itulah yang telah kami tulis, jadi jika Anda tertarik untuk terhubung ke dark web.

5) “Akses dark web adalah ilegal”

Web gelap itu sendiri tidak ilegal! Di sisi lain, dark web menggunakan beberapa enkripsi yang sangat kuat untuk menjaga halaman, layanan, dan pengguna aman. Dan di beberapa negara penggunaan enkripsi semacam itu ilegal. Seperti di beberapa negara terbelakang, menggunakan VPN adalah ilegal.

Jika Anda tinggal di negara tempat enkripsi ilegal ilegal, mengakses dark web akan melanggar hukum. Tetapi Kroasia bukan milik kelompok negara-negara ini. Kami dapat menggunakan VPN secara hukum dan juga mengakses dark web.

Pertanyaan kedua adalah – haruskah kita mendekatinya. 
Contoh negara tempat Anda tidak dapat menggunakan enkripsi adalah China. Di sana jika Anda menggunakan Tor Web Browser dan jaringan Tor Anda sedang melakukan kegiatan kriminal. Pemerintah China bahkan tidak mendukung penggunaan VPN, karena “tidak tersedia” untuk pengawasan. Aktivitas Anda di Internet menjadi terenkripsi dan ini merupakan masalah di negara-negara tersebut. Tapi Cina tidak kesepian dalam hal ini. Ada juga Rusia, Belarus, Turki, Irak, Korea Utara …

Masalah lain adalah konten di web gelap. Sayangnya, Anda dapat menemukan semua jenis gadget di sana. Dari gambar mayat yang rusak, hingga pornografi anak-anak, halaman penjualan obat-obatan, data yang dicuri … ada yang mengatakan bahwa di dark web Anda dapat menemukan pembunuh bayaran yang menawarkan layanan mereka selama ribuan dolar.

Yang ingin kami katakan adalah bahwa dark web adalah situs yang sah, tetapi situs tertentu di web gelap memiliki konten yang sangat ilegal. Dan itulah mengapa kami tidak menyarankan Anda untuk mengunjungi dark web. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, maka gunakan VPN sebagai plugin jaringan Tor.

6) “Anda benar-benar aman di dark web

Mitos terakhir yang harus dihadapi adalah keamanan.  dark web menggunakan enkripsi dan skrip yang memblokir ekstensi tertentu di browser web untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna. Tetapi itu umumnya tidak berarti Anda 100% aman dan Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan di dark web tanpa konsekuensi apa pun.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Tor Web Browser untuk mengunjungi Internet “biasa”, tetapi ketahuilah bahwa tidak ada keamanan sama sekali. Permintaan Anda untuk situs web tertentu akan melewati Jaringan Tor, tetapi juga akan melewati “simpul keluar” atau simpul keluaran. Ini adalah simpul yang membagi dark web dari Clearnet.

Asal usul aplikasi Anda tetap terlindungi, tetapi jika Anda masuk ke jejaring sosial dengan Tor Web Browser, aktivitas itu tidak akan dilindungi. Sebelum Anda mulai menggunakan Tor Web Browser dan Network, bacalah apa yang ditawarkannya dan cara kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *