Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

Seiring dengan peraturan pemerintah dalam menangani pemutusan rantai penyebaran covid-19, pandemi menajdikan salah satu cara pemerintah pada saat ini, akan tetapi masih banyak masalah yang dihadapi masyarakat yaitu dalam masalah keuangan. Dalam beberapa waktu terahir ini, banyak sekali permasalah financial yang menurun akibat pandemi seperti ini, semua orang terkena dengan dampak pandemi tersebut.

Jika kita tidak pintar dalam pengelolaan keuangan kita, maka yang akan terjadi adalah dampak buruk dalam perekonomian pada keluarga. Dalam kesempatan ini saya akan memberikan beberapa cara pengelolaan keuangan saat pandemi seperti ini.

Mengutamakan Pengeluaran Yang di Prioritaskan

Cara ini sangat penting sekali, agar kita tidak terlalu boros dalam mengeluarkan uang. Keinginan dan kebutuhan sangat berbeda besar, contohnya yaitu perumahan, utang, makanan, asuransi dan transportasi dapat menajdi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar yang paling penting lalu memutuskan hal yang sekiranya itu harus dihilangkan dalam daftar tersebut, temukan cara lain untuk pengeluaran opsional lainnya.

Proaktif

Bagi anda yang suka dengan belanja bulanan, maka cara proaktif ini sangat penting sekali anda terapkan saat pandemi seperti ini, anda harus rajin mencari barang-barang diskonan untuk mengurangu pengelauran atau bahkan membayar tagihan. Akan tetapi dalam kondisi seperti ini, yang mengahruskan anda stay at home, anda bias mencarinya secara online yang menawarkan diskon special serta membandingkan harga. Hal-hal seperti pembayaran otomatis, bundling juga dapat menghemat banyak uang.

Dalam kondisi yang darurat anda juga bias menggunakan kartu kredit dengan bijak, tetapi jangan sampau anda lupa ketika anda menggunakan kartu redit berarti itu adalah hutang yang harus anda bayarkan, selalu pastikan dalam menggunakan kartu kredit sebeum anda menggunakannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dalam keuangan anda sendiri.

Berhemat

Selama WFH, anda masih membutuhkan transaksi harian dan bulanan seperti pembelian barang secara online. Pembayaran secara online sangat penting dilakukan selama wfh atau sekedar top-up ojol untuk melakukan pemesanan makanan. Terkadnag anda masih belum menyadari bahwa transaksi harian akan menimbulkan biaya yang ekstra, maka dalam kondisi seperti ini ada baiknya anda bias menahan diri untuk membeli hal yang tidak menajdikan prioritas dalam kehidupan sehari-hari anda.

Tidak Panik

Menjaga jarak social merupakan salah satu cara untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona, berfikirlah dengan logis agar anda tidak melakukan aksu memborong belanjaan atau panic buying. Jika membutuhkan sesuatu atau ingin memiliki sesuatu di rumah untuk berjaga-jaga, tidak apa-apa. Hal-hal seperti obat-obatan, stok makanan bisa disimpan selama satu atau dua minggu di rumah, tetapi ketahuilah bahwa barang-barang yang Anda butuhkan masih tersedia di toko.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Pengatur Waktu Saat WFH Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *