Mencegah Remaja dari Pergaulan Bebas

Mencegah Remaja dari Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas, sudah bukan lagi momok bagi kaum remaja sekarang, malah mereka semakin ingin mendekati pergaulan bebas tersebut yang mungkin mereka juga tahu apa akibatnya. Banyak kalangan anak saat ini yang sudah mengenal dunia luar atau melebihi ambang batas pergaulannya, pada zaman sekarang terlalu menghawatirkan bagi kaum remaja khususnya laum wanita. 

Yang perlu diwaspadai oleh kaum orangtua adalah pergaulan sex bebas yang menimpa putra putrinya karena menyebabkan keadaan yang sangat fatal apalagi bagi kaum wanita, Lantas bagaimana cara mengatasi pergaulan bebas tersebut? Coba simak beberapa langkah berikut ini.

Mengisi Waktu Luang Dengan Kegiatan

 Waktu adalah dimana kita bisa melakukan apa saja, bahkan tak pernah disadari kita sering membuang waktu sia-sia. Lakukanlah waktu luang anda dengan hal-jal yang positif seperti belajar, sembahyang, belajar keagamaan dan lain sebagainnya yang bersifat baik tidak menjerumus ke arah pergaulan bebas.

Sangat disayangkan sekali jika kita membuang waktu dengan percumah, karena waktu tidak akan kembali lagi.

Cara Bergaul Remaja

Pergaulan memanglah sangat diperlukan karena dengan bergaul kita dapat banyak teman dan memudahkan bagi kita untuk menjalani hidup karena hidup kita harus bersosialisasi dengan banyak orang. Namun ada kalanya kita waspadai terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk bergaul atau memilih teman, jka menurut anda baik maka berteman lah, tetapi jika menurut anda buruk maka jauhkanlah. Peran orang tua sangatlah diperlukan untuk mencegah maraknya pergaula bebas dikalangan remaja pada saat ini.

Orang Tua Lebih Akrab Dengan Anak

 Peran orang tua sangatlah penting untuk mendidik anaknya, karena jika anak sudah dekat dengan anaknya maka dimanapun anak ada masalah pasti anak tersebut cerita kepada orang tuanya. Nah disinilah kesempatan orang tua untuk memberikan arahan dan saran untuk menjadi anaknya menjadi anak yang baik, karena jika anak sudah dirasa tidak benar maka berikanlah arahan dan masukan yang positif dan secara lebut, tujuannya ini agar anak tidak menolak sugesti yang diberikan orang tua. Maka berikanlah arahan dan masukan kepada anak kita dengan santai dan tidak dengan emosi agar anak bisa menerimanya dengan baik juga.

Lingkungan

 Ini merupakan peran besar bagi orang tua, lingkungan sangat mempengaruhi terhadap pergaulan remaja, karena jika anak ditempatkan di lingkungan yang bebas maka anakpun akan kemungkinan besar mendapatkan pergaulan yang sangat bebas dan berbahaya, maka sebaliknya dengan lingkungan yang baik. Maka tempatkanlah anak kita dalam lingkungan yang baik jauh dari pergaulan buruk yang dampaknya terhadap diri anak kita sendiri.

Melarang Anak Pacaran

 Jika anak kita belum cukup umur untuk pacaran maka laranglah anak agar terhindar dari pergaulan bebas. Pergaulan bebas bisa disebabkan dari asal mulanya pacaran, jika kita tidak menghindarkan anak dari pacaran, maka orang tua akan mendapatkan hasil yang sangat buruk terhadap anaknya.

Nah itu adalah cara bagaimana kita menjaga anak kita terutama remaja dalam hal pergaulan bebas pada zaman sekarang. Jagalah anak kita dari hal yang tidak di inginkan, karena anak adalah titipan dan harus kita jaga dengan benar.

Mencegah Remaja dari Pergaulan Bebas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas