Apa itu backlink (tautan balik) dan bagaimana pengaruhnya terhadap SEO

By | Juli 14, 2019

Apa Itu backlink?

Backlink adalah sejenis penunjuk Internet. Ini menautkan satu situs spesifik ke sumber daya web eksternal lainnya yang berisi tautan ke situs ini.

Backlink dari situs lain yang mengarah ke situs Anda adalah tautan balik (backlink) untuk Anda.

Backlink adalah bagian integral dari promosi SEO situs web. Mereka membantu mesin pencari untuk menjelajah situs Anda dan memahami tema halaman. Algoritma PageRank , meskipun evolusi panjang dan aktif, masih mempertimbangkan profil referensi dari halaman dan domain tertentu sebagai salah satu faktor peringkat yang paling penting. Inilah sebabnya mengapa setiap pemilik situs web ingin mendapatkan sebanyak mungkin backlink.

Jumlah dan kualitas Backlink

Sayangnya, backlink tidak gratis (terutama di awal), dan pembuatannya membutuhkan banyak waktu dan usaha. Itulah mengapa sangat penting untuk belajar bagaimana membuat setiap hubungan timbal balik yang diperoleh menguntungkan.

  • Untuk ini, pertama-tama:
  • melakukan optimasi teknis dari halaman dan seluruh situs;
  • membuat arsitektur situs yang andal;
  • buat konten yang menarik.

Sekarang tentang setiap langkah lebih terinci.

1. Link situs tidak boleh ada yang Error

Namun demikian mereka akan. Semakin besar situs, semakin besar kemungkinan Anda tidak akan punya waktu untuk memperbaiki semua kesalahan.

Berikut Adalah Daftar masalah paling popular yang mungkin Anda temui:

  • 302 redirection (URL) ;
  • 404 errors ;
  • use of incorrect commands (nofollow, index, etc.);
  • speed download is slow ;
  • copy of the content (plagiarism);
  • transfer chain;
  • adaptability on-site ;
  • canonical error.

2. Tingkatkan arsitektur situs Anda

Arsitektur situs yang kuat dan andal hampir menjamin efektivitas backlink. Semakin bagus arsitekturnya, semakin sedikit tautan yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil yang Anda butuhkan.

3. Buat konten yang menarik.

Namun ribuan tautan dan arsitektur yang baik tidak akan disimpan di hadapan konten yang buruk. Hindari mempublikasikan konten yang jelek atau yang disebut “sampah”.

Cara menempatkan Backlink yang aman

Ada dua taktik utama untuk penempatan tautan:

  • Beresiko, dengan peluang yang layak untuk mendapat penalti.
  • Cara aman memposting.

Sekarang lebih baik memilih jalur kedua. Baru-baru ini, situs tersebut dapat dipromosikan dalam waktu sebulan dengan bantuan backlink PBN (Private Blog Network). Kemudian Google menciptakan kotak pasir yang membuat pemilik situs menunggu setidaknya 3 bulan hingga efek dari backlink PBN terwujud.

Cara memeriksa Backlink di situs Anda

Bukan rahasia lagi untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah salah satu cara untuk meningkatkan posisi Anda di Google. Namun, apakah itu yang dimaksud dengan buruk? Pemilihan, verifikasi, back dan backlink yang cermat adalah tugas yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin mengoptimalkan situs mereka. Ada banyak yang berbeda yang dapat membantu Anda memeriksa apakah backlink Anda dapat dipercaya dan dapat membawa nilai ke situs web Anda.

Pertama-tama, periksa parameter tautan:

  • Mulai dengan PageRank . Ini salah satu faktor paling berharga yang lebih besar di situs Anda. Logikanya adalah sebagai berikut: jika situs dengan tautan otoritas tinggi ke Anda, situs Anda juga mewakili kepercayaan. Parameter ini dapat disetujui oleh alat analisis tautan online Ahrefs. Tambahkan URL yang diperlukan ke bilah pencarian Ahrefs dan periksa peringkatnya.
apa itu backlink
  • Lalu lintas. Faktanya adalah Anda tidak perlu tautan dari situs yang tidak dikunjungi siapa pun.
  • Backlink dofollow / nofollow. Tag rel = “nofollow” bot Google merayapi semua tautan di situs. Sebagai aturan, tautan dofollow, lebih berharga dari nofollow.

Semua faktor utama tautan ini dapat dengan mudah diselidiki menggunakan alat periksa backlink Ahrefs menggunakan Analisis Batch. Sangat nyaman ketika Anda harus memeriksa sejumlah besar donor potensial untuk tautan yang diinginkan. Selain itu, Anda dapat memeriksa peringkat domain (DR). Cukup tambahkan URL yang diperlukan.

apa itu backlink

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan alat ini, coba akun uji Ahrefs . Dengan itu, Anda dapat memeriksa situs Anda, mengevaluasi tautan, domain pesaing dan membangun strategi pembangunan tautan yang unggul.

Kedua, lebih baik bila tautan ke situs terkait dengan niche Anda. Tautan semacam itu disebut relevan.

Apa arti relevansi? Bayangkan Anda memiliki blog tentang kiat membuat situs web, tetapi Anda telah menemukan situs web terkemuka tentang tren makeup. Menurut Google, sumber ini tidak akan ideal untuk Anda, karena situs dengan otoritas tinggi harus terkait erat dengan Anda. Hal yang sama berlaku untuk konten di mana tautan Anda berada.

Cara untuk mendapatkan backlink yang relevan

1. Pertahankan relevansi tautan Anda.

  • Relevansi tergantung pada poin-poin berikut:
  • topik umum konten domain yang tertaut ke halaman;
  • konten dari halaman tertaut;
  • relevansi backlink yang merujuk ke domain.

Periksa relevansi tautan dengan, misalnya, Aliran Kepercayaan SEO Majestic.

2. Cari situs yang memiliki reputasi baik

Tautan dari situs terkemuka meningkatkan profil referensi Anda lebih dari tautan biasa. Pesaing Link using Menganalisis Ahrefs , SEMRush ini , Majestic, Serpstat Dan ini Linkstrategy , Mencoba untuk review mengakomodasi domain Dan ini otoritatif ditemukan.

3. Berkonsentrasi pada situs dengan lalu lintas nyata.

Tautan dari situs yang lalu lintasnya terlihat lebih alami dan akan jauh lebih efisien. Periksa domain untuk lalu lintas menggunakan SimilarWeb, Ahrefs, Semrush sebelum mengirim sambungan dan Anda akan menghemat banyak waktu dan usaha.

Tingkatkan kredibilitas situs Anda sendiri

1. Temukan dan perbaiki tautan yang rusak.

Tautan rusak mengurangi kredibilitas situs. Itu sebabnya Anda perlu memeriksa situs Anda secara teratur untuk mengetahui keberadaan mereka. Ini dapat membantu Anda:

  • Sitechecker;
  • Google Search Console;
  • Ahrefs.

2. Menghilangkan Chains Redirect Chains

Apa itu rantai yang putus? Kenapa dia bisa mengurangi kredibilitas situs? 
Saat Anda menggunakan rantai lurus, itu berarti membuka satu halaman mungkin akan membawa Anda langsung ke halaman lain yang terhubung ke halaman ini. Rantai tidak langsung termasuk yang disebut halaman buffer.

3. Ganti 302 redirect dengan 301

Rantai 302 pengalihan tidak hanya dapat memblokir, tetapi juga mencuri otoritas situs yang sudah ada.

Cara Penempatan backlink dasar

1. Katalog dengan target niche

Meskipun direktori dianggap tidak berarti dan tidak berharga, ada beberapa yang mungkin berguna (terutama di awal). Mereka disebut direktori target niche dan dapat memberi Anda tautan dofollow yang relevan. Tidak mudah menemukannya, jadi Anda harus mencarinya menggunakan kombinasi berikut dalam pencarian Google:

  • Ceruk + “tambah situs”
  • Katalog niche +
  • Katalog ceruk +

2. Jejaring sosial

Buat halaman perusahaan di jejaring sosial tersebut:

  • Instagram
  • Facebook
  • Kericau
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Vkontakte

Awalnya, akun tersebut hanya terdaftar untuk tautan pertama. Lebih lanjut, Anda mungkin memperhatikan bahwa di beberapa jaringan, konten Anda mendapat respons yang bagus dari audiens, dan situs ini harus diberi waktu lebih lama.

3. Daftar Bisnis

Ada lebih sedikit daftar seperti itu di runet daripada di Barat, tetapi mereka tetap demikian. Banyak sumber daya ini adalah mesin pencari lengkap dengan filter yang mudah digunakan dan persyaratan registrasi yang tinggi. Beberapa dari mereka dapat memberi Anda banyak lalu lintas rujukan yang relevan, jika Anda sepenuhnya melengkapi profil perusahaan Anda.

4. Direktori dengan referensi regional

  • Direktori semacam itu adalah sumber penting tautan untuk bisnis lokal. 
  • Gunakan sebagai opsi petunjuk berikut untuk menemukan direktori yang ditargetkan secara geografis:
  • Katalog + nama kota
  • Nama kota + katalog
  • Direktori nama kota +
  • direktori niche + nama kota +
  • tambahkan situs + nama kota

5. Tautan balik dari forum yang terkait erat dengan niche

  • Cobalah untuk menemukan forum terkait;
  • Jadikan profil Anda informasi yang benar dan terperinci;
  • Ikuti aturan forum;
  • Buat banyak posting dan berteman;

Jadi, kompilasi Anda menemukan forum yang sesuai, cari Anda membuat deskripsi profil berkualitas tinggi. Kemudian menyetujui forum, aturannya, dan cara mengatur. Periksa forum untuk melihat apakah anggotanya Berbagi tautan dalam diskusi. Menjadi orang yang dapat diandalkan, menghasilkan lebih banyak teman dan memposting.

6. Komentar di blog niche

  • Posting komentar di blog ini membantu:
  • beri tahu mesin pencari tentang situs tersebut;
  • menerima lalu lintas rujukan;
  • signifikan untuk mengunduh lembar jangkar Anda;
  • berkenalan dengan blogger, dan kemudian memposting tautan yang sudah ada di artikel kemitraan.

Penting bahwa komentar melengkapi dan memperluas topik yang dijelaskan dalam artikel oleh penulis. Tulis tentang keputusan terbaik yang Anda tahu, kutip dari sumber resmi, dll.

7. Metode penggabungan

  • Prosedur ini terdiri dari dua tahap:
  • Temukan domain mati yang relevan;
  • Konfigurasikan dari situ 301 pengalihan ke situs Anda.

8. Penggunaan efektif dari domain mati yang relevan

Memperoleh domain kadaluarsa berbahaya. Anda perlu memeriksa riwayat dan relevansinya dengan baik. Sumber daya ini dapat membantu Anda menemukan domain kadaluarsa:

  • PR Powershot;
  • Freshdrop;
  • DomCop;
  • ExpiredDomains.net.

Cara mendapatkan backlink

1. Pengguna harus tertarik dengan konten Anda.

Ketika seorang pengguna Internet mulai mencari sesuatu, ia mencoba memecahkan masalah tertentu atau mencapai sesuatu. Tujuan utamanya adalah membantunya menemukan solusi yang baik. Jangan terobsesi hanya dengan volume artikel dan kata kunci. Pikirkan tentang kebutuhan pengguna.

Tidak ada perbedaan antara artikel 40.000 dan 1.000 kata ketika kita berbicara tentang nilai-nilai mereka. Cobalah untuk membuat konten berkualitas tinggi dan tidak memperhatikan stereotip apa pun.

2. Konten Anda harus unik, menarik dan berharga.

Mengapa konten situs gagal? Ada beberapa alasan:

  • Informasinya sudah usang. Misalnya, hampir tidak ada orang yang ingin membaca tentang iPhone 5 ketika iPhone X sudah ada.
  • Dia kekurangan penelitian dan angka. Ini biasanya terjadi ketika seorang blogger ingin menjadi yang pertama dan lupa tentang kualitas. Dia menerbitkan ketentuan umum yang tidak akan bertahan lama.
  • Dia tidak memperhitungkan tingkat pengetahuan pembacanya dan dianggap “terlalu pintar dan sulit untuk dipahami” atau “terlalu sederhana, seperti untuk anak sekolah.”
  • Tidak nyaman untuk membaca karena kurangnya paragraf, judul yang cerah, desain yang tepat, gambar dan daftar.

3. Lakukan apa yang tidak dilakukan orang lain

Jangan malas dan tingkatkan konten Anda setiap hari. Jangan hanya menulis artikel pendek atau panjang. Cobalah berbagai opsi, tetapi jangan lupa tentang kualitasnya. Ingat bahwa beberapa pengguna tidak suka membaca banyak, sementara yang lain lebih suka penjelasan panjang dan rinci tentang masalah yang akan mereka pecahkan.

4. Cari koneksi baru yang menguntungkan.

Jangan lupa tentang hubungan dan hubungan. Sebuah blog tidak boleh diisolasi. Tidak ada yang lebih baik dari memperkuat hubungan dengan blogger terkenal. Ini tidak mudah, karena Anda harus menunjukkan bahwa Anda dapat berguna bagi mereka. Ini hanya mungkin jika ada konten berkualitas tinggi.

Penting agar nama Anda selalu terlihat karena pengulangan komentar yang dipikirkan matang-matang dan distribusi email yang tidak mengikat. Tanyakan kepada blogger bagaimana Anda dapat membantu mereka. Ini adalah cara terbaik untuk memulai kemitraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *